Tips Agar Mandi Air Panas Aman Bagi Ibu Hamil

Kenapa sih ada ada yang bilang kalau orang sedang hamil itu berbahaya mandi air panas? Pertanyaan ini sering kali muncul karena mungkin pernah mendengar atau membaca bahwa ada larangan mandi air panas kala hamil.


Memang benar air panas mempunyai khasiat untuk meringankan sakit otot dan membuat rileks tubuh yang lelah. tetapi mandi dengan air panas sangat tidak disarankan untuk wanita yang sedang mengandung. Suhu air yang cukup tinggi bisa memberikan pengaruh buruk pada janin loh Moms! Walaupun mandi air panas bisa memanjakan dan meremajakan kulit, tapi khusus untuk ibu hamil wajib memperhatikan temperatur air yang akan dipakai untuk mandi.


Dikutip dari lama idiva.com, menurut Dr. Rita Bakhsi, seorang ahli ginekologist, Suhu dan temperatur air untuk ibu hamil haruslah sama, atau setidaknya mendekati temperatur dari tubuh Mommy. Kalau suhu air terlalu tinggi, beresiko bisa membakar kulit. Maka dari itu, lebih baik suhu nya hanya sebatas hangat-hangat kuku.


Resiko lain jika mandi dengan air terlalu panas antara lain adalah ruam dan gatal-gatal. Turunnya tekanan darah serta munculnya merah-merah pada kulit akan memicu biang keringat. Bisa juga meningkatkan denyut jantung, menurunkan sirkulasi aliran darah yang dapat memicu terjadinya stress. Hal serupa akan dirasakan oleh si jabang bayi. Mungkin Moms bisa mengatasinya dengan cara tubuh yang secara otomatis melepaskan panas lewat keringat. Lalu, apa jabang bayi Anda bisa melakukan hal yang serupa untuk meminimalisir resiko mandi air panas??? Tentu saja tidak !!


Kesimpulannya, mandi air panas AMAN bagi wanita hamil jika Moms benar-benar mengetahui temperatur air yang tepat bagi tubuh sendiri. Moms bisa mengetes suhu air dengan cara merasakannya lewat telapak tangan. Temperatur air yang baik untuk mandi adalah tidak lebih dari sekitar 45 derajat celsius. Tapi untuk penggunaan sauna dan hot steam sangat tidak dianjurkan ya, Moms!