Hamil Lebih Sehat Dengan Yoga

Yoga, seni gerak tubuh yang berasal dari India ini semakin populer di berbagai kalangan di seluruh dunia. Apalagi yoga yang tadinya lebih kental dengan unsur religius kini telah berkembang menjadi seni gerak tubuh universal yang diadaptasikan untuk tujuan-tujuan kesehatan. Nah, ternyata yoga juga dapat memberikan manfaat tersendiri bagi ibu hamil. Ingin mencoba? 

Manfaat yoga bagi ibu hamil

1. Ibu yang mengandung biasanya sering mengalami perubahan-perubahan emosi yang sangat mempengaruhi mood serta memicu ibu hamil lebih mudah merasa kelelahan. Melakukan gerakan-gerakan yoga khusus ibu hamil melalui konsentrasi dan pernafasan dapat membantu mengurangi kelelahan dan ketegangan fisik yang dirasakan. Yoga akan membuat ibu menjadi lebih rileks selama masa mengandung. 

2. Jika anda sering merasa nyeri atau ngilu pada persendian dan tulang belakang selama masa kehamilan, yoga dapat meminimalisir karena gerakan-gerakannya yang mampu membantu ibu hamil meluruskan tulang dan menguatkan persendian. Secara umum, yoga membantu membentuk postur yang sehat selama masa kehamilan serta membuat otot-otot menjadi lebih kuat. 

Kapan boleh melakukan yoga?

Ibu mengandung bisa melakukan yoga pada trimester pertama masa kehamilan (1-12 minggu). Ini adalah masa yang paling baik untuk melakukan senam yoga. Ibu hamil yang melakukan yoga akan merasakan perubahan yang positif saat trimester pertama ini. 

Jika anda masih baru dalam melakukan yoga, sebaiknya ikuti kelas yoga yang ada di sekitar anda dengan instruktur yang berpengalaman. Tentu pilihlah yoga khusus untuk ibu hamil. Karena ada perbedaan dimana senam Ibu hamil memiliki gerakan lebih lembut dan santai, sedangkan senam yoga secara umum lebih rumit dan dinamis.  

Mengenal Dasar Gerakan Yoga

Sebelum mencoba, ada baiknya anda  mengetahui dulu beberapa dasar senam yoga. Gerakan pose pertama dalam yoga disebut Vakrasana, biasa disebut Twisted Pose. Pose ini membatu mama untuk menyehatkan kaki, lengan, tulang belakang serta leher dan memberikan tekanan lembut ke bagian oto-otot perut mama. Pose kedua yang bisa mama lakukan dalam senam yoga hamil disebut Utkatasana atau biasa disebut Chair Pose. Gerakan Utkatasana ini membantu menguatkan otot panggul dan paha. Selain dua pose tersebut,ada pose ketiga yang dinamakan Konasan,yang juga biasa disebut dengan Angel Pose, Partyankasana, atau Hams’pose. Atau juga dengan istilah Butterfly Pose. Gerakan Konasana ini cukup terkenal untuk membuat pinggang ibu hamil menjadi lebih lentur, gerakan ini juga menguatkan otot panggul, perut, dan paha. Jika mama mengalami kesulitan, mama bisa meminta seorang teman membantu mama melakukan gerakan-gerakan yoga agar mampu menjaga keseimbangan dan postur. 

Gerakkan Yoga yang Aman Bagi Ibu Hamil

Terdapat banyak gerakan yoga bagi ibu hamil, namun ada beberapa gerakan yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil karena dapat membahayakan bayi. Bayi dalam kandungan berada dalam rahim, maka itu jangan melakukan yoga dengan gerakkan tengkurap yang menumpukan berat pada perut, karena hal ini akan menekan bayi. Melakukan gerakkan  yoga yang membuat mama berbaring telentang seperti Savasana juga tidak baik buat kandungan. Gerakkan tersebut bisa membuat bayi kekurangan suplai darah. Mama bisa menanyakan instruktur yoga mengenai gerakan terbaik yang bisa dilakukan dalam posisi telentang, gerakkan Supta Baddhakonasana adalah salah satunya. 

Siap mencoba?