7 Tips Praktis tetap Sehat Selama Kehamilan

Ada beberapa tips praktis bagi seorang ibu hamil untuk terus menjaga kesehatan mereka selama mengandung si buah hati. Ada 7 cara menjaga kesehatan ibu hamil yang akan kami bagikan  mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Cukup mudah dan praktis untuk dilakukan sehari-hari.

1.Menjaga kesehatan daerah  wajah dan kepala

Sebuah pertanyaan menarik. Boleh tidak mengecat rambut saat hamil? Sebaiknya memang ditunda dulu. Mengingat obat yang digunakan untuk mengecat dan mengeriting rambut bersifat zat toksik ( beracun ). Kadang  ada juga keluhan rambut rontok  dan tumbuh rambut halus di pelipis menjadi masalah bagi ibu hamil. Tak perlu cemas itu hanya sementara sifatnya karena perubahan hormon kehamilan. Kebersihan daerah rambut dan kepala dapat dilakukan dengan keramas secara teratur. Bila bercermin kadang terlihat flek pada wajah, maka tak perlu risau. Hal itu akibat perubahan hormon yang merangsang pigmentasi pada wajah dan leher. Tidak perlu mengolesi bermacam - macam krim pemutih. Karena setelah hamil perubahan warna flek coklat tersebut akan hilang dengan  sendirinya.

2.Kebersihan tubuh dan payudara.

Merawat kebersihan tubuh dan payudara sangat penting. Namun bagi ibu hamil yang memiliki riwayat keguguran berulang hendaknya mengurangi stimulasi ( merangsang ) menarik - narik puting payudara saat hamil  muda karena bisa merangsang hormon oksitosin dan menyebabkan kontraksi rahim. Perhatikan kebersihan payudara dan tubuh dengan mandi teratur sehari tiga kali. Hal ini sangat penting agar kulit sehat, peredaran darah ke seluruh tubuh lancar. Pembesaran ukuran payudara membuat ibu sedikit kurang nyaman pada awal kehamilan hingga menjelang akhir kehamilan. Gunakan Bra atau BH yang sesuai ukurannya.

3.Kebersihan tangan

Ibu hamil harus menjaga kebersihan tangan juga kuku. Selalu mencuci tangan setiap kali selesai melakukan pekerjaan dan sebelum makan. Suka memelihara binatang? Hati hati dengan kucing dan kelinci dan unggas. Hati - hati juga dengan resiko penyebaran virus toksoplasmosis melalui binatang dan unggas melalui kotoran hewan tersebut. Hobby juga menanam tanaman? Gunakan sarung tangan agar tidak terkontaminasi dengan pupuk atau kotoran hewan. Ingat diare kadang disebabkan hal yang remeh dan sepele. Tetapi bisa berbahaya untuk ibu hamil. Badan jadi lemah, kekurangan cairan dan infeksi saluran cerna.

4.Perhatikan daerah perut.

Semakin hari perut membesar. Ini pertanda bagus berarti pertumbuhan janin sempurna. Kalau begitu harus mulai menyiapkan baju hamil. Hindari memakai pakaian ketat. Tak perlu kuatir banyak pakaian hamil yang modis dan nyaman yang dapat anda beli di  TokoBajuHamil.com. Semakin besar kehamilan ibu, sebaiknya biasakan tidur dengan posisi miring agar peredaran darah dari ibu ke janin lancar. Posisi telentang terlalu lama tidak dianjurkan bagi wanita hamil. Pembesaran perut ini juga berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh.

5.Kebersihan daerah alat kelamin.

Selama hamil harus lebih hati - hati menjaga kebersihan alat kelamin. Kuman bisa masuk lewat alat kelamin yang terinfeksi. Maka biasakan membersihkan daerah alat kelamin dengan benar.Bersihkan dengan air yang bersih dari arah depan alat kelamin baru bagian ke belakang daerah dubur. Tidak perlu  menggunakan antiseptik pencuci vagina karena akan membunuh kuman baik yang ada di vagina yang akan melawan serangan kuman penyakit yang mencoba masuk ke dalam rahim. Sering mengganti pakaian celana dalam, serta mengenakan celana dalam yang berbahan katun dan longgar.

6.Latihan fisik dan olahraga

Jika tidak ada larangan dari dokter kandungan atau bidan, maka Ibu Hamil sebaiknya melakukan senam khusus hamil. Dengan senam hamil ini, ibu hamil bisa memperkuat oto panggul mereka, meningkatkan daya tahan tubuh, melatih pernafasan dan melancarkan peredaran darah. Jika memang tidak diizinkan oleh dokter, Ibu hamil bisa berjalan kaki setiap hari selama 30 menit, atau berenang di kolam air hangat atau suam kuku seminggu sekali. Para ibu hamil juga bisa tetap behubungan seks dengan suami, tentu saja dengan posisi yang aman bagi kandungannya.

7.Perhatian pada kaki

Bagi Ibu hamil hindari memakai sepatu dengan hak tinggi. Demi keamanan, Ibu hamil jangan menggunakan “high heels”. Disarankan juga saat tidur utntuk meletakkan posisi tungkai kaki 1-2 jengkal lebih tinggi. Bila memang kondisi mengharuskan memakai high heels, berjalan lah dengan tenang atur pernafasan, dan jangan berjalan di daerah yang terlalu ramai. Untuk membantu membuat kaki menjadi lebih rileks, ibu hamil bisa meredam kakinya yang lelah sebelum tidur dengan air hangat yang dicampur garam. Suami juga bisa membantu memijat dengan lembut kaki istirnya dengan mengoleskan minyak zaitun atau “baby oil”. Pemijatan ini dapat membantu melancarakan peredaran darah serta mengurangi keram dan pegal di kaki. 

TokoBajuHamil.com mengucapkan sehat selalu buat para ibu hamil dan calon mama. Ibu Sehat, bayi Sehat, keluarga bahagia.